India Kembangkan Ponsel "Anti Kecelakaan" Saat Berkendara

detail berita

 Para peneliti di India sedang mengembangkan sebuah teknologi baru yang akan mencegah pengemudi truk dan pengguna jalan lain untuk menggunakan ponsel mereka saat mengemudi. Teknologi ini juga bisa diintegrasikan dengan pemantauan lalu lintas milik polisi.

Diwartakan Science Daily, Sabtu (7/7/2012), Abdul Shabeer dari Anna University of Technology dan rekan-rekannya menunjukkan, sekira 20 persen kecelakaan fatal dengan truk dan kendaraan berat lainnya dipicu pengemudi menggunakan telefon genggam saat berkendara.

"Melakukan panggilan dan memegang telepon saat mengemudi bisa memicu bahaya fisik," kata Shabeer dan rekan-rekannya.

Mereka menambahkan bahwa ketika pengemudi berbicara di telefon genggam, baik di tangan atau melalui handsfree, reaksi pengereman menjadi lambat. Secara statistik, pengemudi ini lebih mudah terlibat dalam kecelakaan lalu lintas ketimbang yang tidak menggunakan telefon genggam.

Tim peneliti tersebut kini telah merancang sebuah sistem yang dapat memblokir telefon genggam jika pengemudinya menggunakan telefon genggam tersebut saat kendaraan sedang melaju. Caranya dengan memblokir sinyal telepon menggunakan jammer berjengkauan rendah yang menjamin penumpang kendaraan bisa menggunakan ponsel mereka tanpa hambatan.

Sistem ini juga memiliki potensi untuk melaporkan "pelanggaran" sesuai hukum yang berlaku dan melaporkan nomor STNK kepada polisi lalu lintas. Selain itu, ada alternatif untuk memperingatkan orang lain dalam kendaraan ketika pengemudi mencoba menggunakan telefon genggam.

.:Semoga bermanfaat:.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori international dengan judul India Kembangkan Ponsel "Anti Kecelakaan" Saat Berkendara. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kiniada.blogspot.com/2012/07/kualifikasi-afc-cup-u-22-2012.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Septiyan SM - Friday, July 6, 2012

Belum ada komentar untuk "India Kembangkan Ponsel "Anti Kecelakaan" Saat Berkendara"

Post a Comment