Istilah-Istilah Pada Pada Harddiks

 
- Access Time
merupakan waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang dibutuhkan, dari keadaan idle (diam) hingga mendapatkan data tersebut

- ATA/133
merupakan standar kecepatan transfer data tertinggi perangkat dengan interface PATA. Beberapa nama lainnya adalah ATA-7, ATA/ATAPI-7, Ultra-DMA/133, UDMA 6 dan lain-lain. untuk mencapainya,dibutuhkan controller hardisk yang sudah mendukung, juga controller bus pada sisi PC(lebih tepatnya pada Motherboard)

- EIDE
Enhanced Integrated Drive Electronics yang juga dikenal sebagai ATA(Advanced Technology Attachment) atau ATAPI (ATA Packet Interface), istilah pada zaman PC IBM AT. memiliki kecepatan data transfer hingga 133MB/s untuk standard ATA-133. Keterbatasan EIDE adalah panjang kabel maksimal 18inci(450mm)

- NCQ
Native Command Queuing merupakan command protocol pada SATA yang memungkinkan hardisk menentukan sendiri urutan perintah, saat hardisk beroperasi. Protokol ini memiliki banyak kesamaan denga protokol TCQ(Tagged Command Queuing) yang biasanya ditemukan pada hardisk SCSI. selain mempercepat kinerjanya, juga akan mengoptimalkan ummur mekanisme dari jardisk itu semdiri.

- Perpendicular Recording
merupakan proses perekaman data di dalam hardisk dengan memosisikan arah magnetisme di permukaan platter secara vertikal, dibanding dengan cara konvensional, yakni cara horizontal. Dengan ini, ruang platter untuk menyimpan data makin kecil dan menyebabkan peningkata densitas data yang dapat ditampung. bahkan hingga sepuluh kali lipatnya.

- RoHS
Restriction of Hazardous Substances merupakan sebuah standar yang dikenal di daratan eropa, untuk batasan jumlah maksimal dalam suatu ppm bagi enam materi dianggap berbahaya bagi lingkungan. yaitu, Lead, Mercury, cadmium,Chromium VI, PBB dan PDBE.

sumber: novanvanaya.blogspot.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori hardware dengan judul Istilah-Istilah Pada Pada Harddiks. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kiniada.blogspot.com/2012/07/istilah-istilah-pada-pada-harddiks.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Septiyan SM - Tuesday, July 10, 2012

Belum ada komentar untuk "Istilah-Istilah Pada Pada Harddiks"

Post a Comment